Hasil Tracer Study

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris melakukan pelacakan lulusan dengan monitoring dan evaluasi. Monitoring dan evaluasi kinerja lulusan dilakukan dengan cara menyebarkan angket evaluasi kinerja lulusan yang disebarkan ke beberapa sekolah yang diambil secara random, baik sekolah negeri maupun swasta. Selain itu, evaluasi kinerja lulusan juga diukur pada saat kegiatan yang diselenggarakan di Universitas Galuh seperti Temu Alumni, Pembekalan PLP, dan diskusi pengkajian visi dan misi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Data disimpan secara berkala dan dihitung dengan melihat rata-rata gabungan.

Instrumen yang digunakan untuk menjaring data tentang kinerja lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Galuh adalah dengan menggunakan angket dan metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik random. Data yang dijaring melalui angket setiap tahun dievaluasi untuk menyesuaikan keadaan dan perkembangan kebutuhan pengguna sehingga kurikulum dan perangkat penunjang dalam proses pembelajaran dapat disesuaikan dengan kondisi yang berkembang di lapangan.

Proses dan mekanisme untuk mengevaluasi kinerja lulusan adalah:

1) Membuat angket sebagai instrumen dengan terlebih dahulu menguji validitas dan reliabilitas normatifnya.

2) Menyebarkan angket melalui sosial media dan diberikan langsung ke sekolah tempat lulusan mengajar dan instansi dimana lulusan bekerja secara langsung dan melalui Ikatan Keluarga Alumi (IKA-HIMA GESA) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris serta pada saat kegiatan seperti Temu Alumni.

3) Mengolah data tersebut untuk diambil kesimpulan untuk keberlangsungan pendidikan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Galuh.

4) Mengadakan pertemuan secara periodik setiap tahun antara dosen-dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan anggota Ikatan Keluarga Alumni (IKA-HIMA GESA) Program Studi pendidikan Bahasa Inggris untuk menginformasikan hasil evaluasi dan memperbaiki kekurangan-kekurangan kinerja berdasarkan temuan dari hasil angket, dan mendengarkan masukan dari IKA Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris sebagai feed back sebagai pengembangan yang akan datang.

5) Tracer study juga dilakukan setiap satu tahun melalui website tracer study di tingkat universitas. Hal ini dilakukan sebagai bahan evaluasi dan peningkatan kualitas pada hasil lulusan, dengan memperhatikan revisi kurikulum, revisi proses pembelajaran, peningkatan fasilitas sarana dan prasarana pembelajaran, menyediakan informasi pekerjaan melalui group alumni pada media social, dan membangun jejaring dengan pihak-pihak terkait.



KONTAK

  • https://www.facebook.com/profile.php?id=61570463365966
  • https://instagram.com/englisheducation_unigal?igshid=YmMyMTA2M2Y=
  • https://www.twitter.com/unigalciamis
  • https://www.youtube.com/@englisheducationprogram6154

LOKASI UNIGAL

DIKELOLA OLEH

Admin
Pendidikan Bahasa Inggris

2025 © Pendidikan Bahasa Inggris